Rabu, 09 Juli 2014

Rangkuman Soekarno

Soekarno
        Dulu nama Soekarno adalah karno, tetapi karena dia sering sakit-sakitan digantilah namanya dari Karno menjadi Soekarno. Soekarno menyukai gadis anak colonial Belanda. Belanda tidak mengizinkan anaknya dekat dengan Soekarno, karena Soekarno orang pribumi.Ayah soekarno adalah orang yang selalu berpidato di depan rakyat Indonesia, Ayah Soekarno adalah orang yang selalu mengajak rakyatnya mencapai kemerdekaan.
          Setelah Soekarno dewasa, Soekarno lah yang menggantikan posisi ayahnya berpidato di depan rakyat Indonesia. Karena keberanian Soekarno terhapad colonial Belanda, Soekarno akhirnya di Penjara. Kemudian ada yang memberitahu istrinya Soekarno bahwa soekarno ditangkap colonial Belanda dan dipenjarakan. Saat soekarno di penjara ia menulis naskah-naskah untuk berpidato kepada rakyat dan menulis rumusan untuk rakyatnya.
          Soekarno akhirnya bebas dari penjara, diapun pulang kerumahy istrinya yang bernama inggit. Kemudian soekarno mulai berpolitik lagi. Ia kembali mengajak rakyatnya untuk mencapai kemerdekaan. Soekarno menjadi guru, dia mengajar di salahsatu madrasah. Soekrno diam-diam menyukai muridnya yang bernama Fatmawaty. Pada tahun 1940 Jepang datang ke Indonesia dan mendatangkan perjanjian 3 Negara. Akhirnya Soekarno pun setuju bekerjasama dengan jepang untuk mengusir colonial Belanda dari Tanah Air.
          Jepang meneyerang para terntara colonial Belanda, karena jepang senjatanya lebih legkap daripada Belanda. Belanda membuang semua minyak bumi yang ia dapatkan dari hasil jerih payah orang Indonesia, karena Belanda tak ingin Jepang menikmati itu semua dengan mudah. Saat Jepang menyerang Belanda, para orang-orang Belanda sangat menderita. Kemudian tentara Jepang membawa Pimpinan colonial Belanda. Tentara belanda disiksa oleh jepang, agar mereka mengakui kekalahannya tetapi colonial Belanda tetap saja tidak mau mengakui kekalahannya, dan akhirnya tentara Jepang menembak mati tentara Belanda, Belanda malah menyanyikan lagu kebangsaannya, saat ia akan ditembak oleh tentara Jepang. Dan sekarang Jepanglah yang berkuasa di tanah air Indonesia.
          Saat Jepang berada di Indonesia, Jepang dan Indonesia banyak melakukan kerjasama. Jepang membuat perjanjian NIPO. Jepang menyebut bahwa Jepang cahaya Asia, Jepang pelindung Asia, jepang pemimpin Asia. Banyak cabinet-kabinet yang dibentuk oleh jepang dan Indonesia. Saat di depan Soekarno Jepang begitu baik terhadap rakyat Indonesia, tapi dibelakang Soekarno jepang berlaku semena-mena terhadap rakyat Indonesia, Jepang merampas paksa harta rakyat Indonesia.
          9 Juni 1942 Jepang mengajak Soekarno ke Jakarta. Di Jakarta banyak dibentuk beberapa cabinet. Diantaranya 3A, namun 3A tidak berjalan lancar, kemudian mendirikan PUTERA. Soekarno masih menyukai muridnya yang bernama Fatmawaty, walaupun Soekarno berada di Jakarta, tetapi dia masih saja selalu mengirim surat kepada Fatmawaty. Sampai akhirnya ayahnya Fatmawaty pun mengetahui bahwa Fatmawaty dan Soekarno saling menyukai.
          Ayahnya Fatmawaty tidak setuju karena Soekarno sudah beristri. Inggit, istri Soekarno juga mengetahui bahwa Soekarno masih menjalin komunikasi dengan Fatmawaty. Inggit pun marah besar. Inggit tidak mau dimadu, dia lebih baik diceraikan daripada dimadu. Soekarno pun akhirnya bercerai dengan inggit. Dan menikah dengan Fatmawaty. Akhirnya soekarno dikaruniai seorang anak. Pada saat Fatmawaty sedang mengandung, ia menjahit bendera Indonesia. Akhirnya, anak Soekarno pun lahir dan ia laki-laki. Anaknya diberinama Guntur Soekarno Putra. Soekarno dan Bung Hatta membentuk cabinet PETA (Pembela Tanah Air Indonesia) tanpa campur tangan Jepang.
          Jepang berjanji kepada Indonesia akan memberikan kemerdekaan, Soekarno dan Bung Hatta pun menagih janji para samurai Jepang yang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Jepangpun mengizinkan bangsa Indonesia untuk mengibarkan bendera merah putih, tetapi ternayata pengibaran itu tidak dikibarkan diseluruh pulau jawa, namun hanya dijakarta saja. Jadi ini bukanlah kemerdekaan yang sesungguhnya. Jepang melakukan Romusha kepada rakyat Indonesia. Bangsa Indonesia melakukan kerja paksa tanpa henti-henti bahkan bangsa Indonesia tidak diberi makan oleh Jepang sampai akhirnya mereka meninggal karena kerja paksa itu. Wanita-wanita Indonesia juga jadi korban jepang, wanita Indonesia dijadikan budak nafsunya tentara Jepang.
          Soekarno tidak ingin tinggal diam, dia harus bertindak namun tak boleh ada pertumpahan darah. 1 Juni 1945 Soekarno dan Bung Hatta menentukan Dasar Negara Indonesia. 16 Agustus 1945 Soekarno dibawa ke Renglasdengklok. Kemudian 17 Agustus 1945 Soekarno kembali ke Jakarta dan mencapai kemerdekaan. Inilah kemerdekaan yang sesungguhnya bagi bangsa Indonesia. Karena bendera merah putih dikibarkan diseluruh tanah air dan kemerdekaan dicapai tanpa campur tangan dari Negara lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar