Rabu, 09 Juli 2014

Teori Hundu Budha

Latihan Soal !
1.     Jelaskan Teori-teori tentang masuknya agama Hindu/Budha di Indonesia !
Jawaban !
1.     Agama dan kebudayaan hindu-budha berkembang di Indonesia. Satu bukti adalah ditemukannya acrha budha terbuat dari perunggu di daerah Sempaga, Sulawesi Selatan. Arca sejenis juga ditemukan di daerah Jamber, Jawa Timur dan daerah Bukit Siguntang Sumatra Selatan. Di daerah Kota Bangun Kutai, Kalimantan Timur, Juga ditemukan archa budha. Proses masuknya Hindu-Budha atau sering disebut Hindunisasi di kepulauan Indonesia ini masih ada berbagai pendapat. Berikut adalah beberapa teorinya :
a.    Teori Sudra, menyatakan bahwa penyebaran agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh orang-orang India yang berkasta Sudra, karena mereka dianggap sebagai orang-orang buangan.
b.    Teori Waisya, menyatakan bahwa penyebaran agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh orang-orang India berkasta Waisya, karena mereka terdiri atas para pedagang yang datang dan kemudian menetap di salah satu wilayah di Indonesia. Bahkan banyak diantara pedagang itu menikah dengan wanita setempat.
c.    Teori Ksatria, menyatakan bahwa penyebaran agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh orang-orang India berkasta Ksatria. Hal ini disebabkan terjadi kekacauan politik di India, sehingga para ksatria yang kalah melarikan diri ke Indonesia. Mereka lalu mendirikan kerjaan-kerajaan dan menyebarkan agama Hindu.
Teori Brahmana, menyatakan bahwa penyebaran agama Hindu dilakukan oleh kaum Brahmana. Kedatangan mereka ke Indonesia untuk memenuhi undangan kepala suku yang tertarik dengan agama Hindu. Kaum Brah¬mana yang datang ke Indonesia inilah yang mengajarkan agama Hindu kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar