Rabu, 09 Juli 2014

Zaman Pra Aksara

Soal!
1.      Jelaskan kaitan antara manusia yang sudah bertempat tinggal tetap dengan adanya system kepercayaan!
2.      Adakah hubungan antara system kepercayaan masyarakat dengan pola mata pencaharian? Jelaskan!
3.      Buatlah sebuah proyek belajar dengan melakukan penelitian tentang tradisi megalitik dan kepercayaan animisme yang sekarang masih tersisa di daerah kamu.
Jawaban !
1.      Masyarakat zaman praaksara terutama zaman neolithikum sudah mengenal kepercayaan. Mereka meyakini bahwa roh seseorang yang telah meninggal akan ada kehidupan di alam lain. Terkait dengan itu maka kegitan ritual yang paling menonjol adalah upacara penguburan. Dalam upacara penguburan ini, orang yang sudah meninggal dibekali berbagai benda dan peralatan sehari-hari. Selain itu ada juga upacara pesta untuk mendirikan bangunan suci. System kepercayaan itu telah melahirkan tradisi megalitik. Mereka mendirikan bangunan batu-batu besar seperti menhir, dolmen, punden berundak, dan sarkofagus. System kepercayaan dan tradisi batu besar itu telah mendorong berkembangnya kepercayaan animisme.
2.      Ada,misalnya masyarakat pesisir pantai menganut kepercayaan animisme karena mereka mengenal sedekah laut. Para nelayan sebelum berlayar jauh atau saat memulai pembuatan perahu selalu mengadakan upacara sedekah laut ini.
3.      Tradisi megalitik yang masih ada yaiutu misalnya di daerah Yogyakarta masyarakatnya menyembah patung-patung. Kepercayaan animisme yang sekarang masih ada yaitu, bakar menyan, sesajen, bakar kain (kalau ada yang melahirkan), pingitan untuk orang yang akan menikah, yaitu kedua mempelai tidak boleh saling bertemu dulu seminggu sebelum menikah.


2 komentar: